Misi Suzuki Bangun Industri Balap – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Sport

Misi Suzuki Bangun Industri Balap

PEKANBARU — Industri balap di tanah air sempat memasuki masa-masa sulit. Sepinya even dan kurangnya perhatian pemerintah, membuat talenta-talenta muda tak punya kesempatan menyalurkan bakat mereka. Fenomena balapan liar adalah salah satu imbas dari masalah tersebut.

Tak ingin dunia balap di tanah air semakin terpuruk, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggulirkan Suzuki Indonesia Challenge (SIC) Satria Cup sejak tahun lalu. Respons luar biasa ditunjukkan peserta dan penonton. Tahun ini SIC sudah memasuki musim kedua. Wakil Merah Putih yang sementara berlaga di Suzuki Asian Challenge juga bisa bersaing dengan negara lain.

“Kami membawa semangat menghidupkan kembali industri balap di Indonesia. Melalui SIC, para pembalap pemula mendapatkan kesempatan berlomba dengan aturan yang jelas sesuai standar FIM,” ungkap Giri Triatmojo dari PT SIS di Pekanbaru, Minggu, 23 Agustus.

Kembalinya pabrikan asal Jepang ini ke arena paling bergengsi MotoGP tahun 2015, membuat semangat mengembangkan industri balap di tanah air semakin besar. Apalagi, mereka pernah melahirkan pembalap-pembalap andal yang merajai berbagai kejuaraan nasional.

“Ada semangat besar untuk mengembalikan DNA Suzuki di dunia balap. Kami ingin melahirkan banyak pembalap berkualitas melalui SIC,” lanjut Giri.

Perwakilan IMI Pusat, Nurafitri yang memantau SIC di Pekanbaru, memuji penyelenggaraan ajang SIC. Menurut dia, Indonesia butuh banyak even sejenis untuk membangkitkan industri balap di dalam negeri.

“Wakil-wakil kita sudah berulangkali mengharumkan nama bangsa di ajang internasional. Namun perhatian pemerintah tetap kurang. Makanya, langkah Suzuki ini harus didukung penuh,” ungkapnya. (fmc)

To Top