Polistik Bisa Bikin Susah Hamil – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Polistik Bisa Bikin Susah Hamil

FAJARONLINE – Anda mengalami gangguan menstruasi? Informasi ini tentu sangat penting bagi Anda. Salah satu akibat terlambat haid maupun gangguan haid adalah polistik.

Menurut dr Irfan SpOG(K), polistik salah satu gejala atau tanda adanya gangguan hormon steroid yang sangat berlebihan. Penyebab yang polistik biasanya karena obesitas dan terjadi pada perempuan yang terlalu kurus.

“Gangguan ini mengakibatkan perempuan mengalami gangguan haid,” ujar dia dilansir Kaltim Post (Grup JPNN.com).

Polistik merupakan gangguan dengan terdapat banyaknya sel telur di dalam rahim. Karena terlalu banyak sel telur justru membuat seseorang tidak mengalami perkembangan sel telur yang menyebabkan terjadinya menstruasi.

Tanda pada umumnya perempuan jadi terlambat haid atau bahkan tidak terjadi sama sekali dalam kurun waktu tertentu. Dari gangguan haid itulah nantinya membuat perempuan susah mengalami ovulasi (anovulasi).

“Ini menyulitkan perempuan yang mengalami penyakit tersebut, dia akan punya gangguan kesuburan dan susah hamil,” lanjut Irfan.

Penanganan yang bisa dilakukan oleh penderita gangguan polistik adalah dengan diet dan olahraga. Menurut dia, umumnya penyebab pasien mengalami polistik karena obesitas.

Itu sebabnya, dia harus menurunkan berat badan. Atau sebaliknya, terlalu kurus dan dia harus menaikkan berat badan.

“Selain itu, pasien diberikan obat agar merangsang bisa ovulasi (bertelur) kembali,” terang dia.(*/el/her/k11)

loading...
Click to comment
To Top