40 Persen Kapal Nelayan Pekalongan Melaut – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

40 Persen Kapal Nelayan Pekalongan Melaut

PEKALONGAN, RAJA – Sekitar 40 persen dari 126 kapal nelayan berbobot di atas 30 gross ton Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mulai melaut setelah mereka selesai mengurus surat berlayar.

Kepala Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kota Pekalongan Kasim Sumadi di Pekalongan, akhir pekan kemarin mengatakan bahwa sejumlah kapal besar sudah mulai melaut sehingga pihaknya berharap aktivitas lelang ikan akan ramai lagi.

“Kami memperkirakan aktivitas lelang ikan di TPI akan ramai kembali pada bulan Oktober mendatang setelah kapal-kapal besar kembali membongkar hasil tangkapannya,” katanya.

Menurut dia, saat ini, aktivitas lelang ikan di TPI memang masih lesu karena banyak kapal kecil atau kapal arek-arek menuju berlayar ke timur mengikuti arah angin. “Para nelayan arek-arek berlayar ke timur sehingga mereka melelangkan hasil tangkapannya ke TPI Juana, Pati, maupun Tuban, Jawa Timur,” katanya.

Ia mengatakan bahwa produksi lelang ikan di TPI Pekalongan pada hari Jumat hanya mencapai sekitar 1 ton atau sekitar Rp50 juta karena baru satu kapal kecil yang membongkar hasil tangkapannya. (*)

To Top