KPU Umumkan 5 Paslon di Gowa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

KPU Umumkan 5 Paslon di Gowa

FAJARONLINE, SUNGGUMINASA — KPU Gowa akhirnya selesai menggelar rapat pleno penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Gowa, Senin siang, 24 Agustus 2015. Lima pasangan calon dinyatakan lolos.

Ini memang sudah sesuai prediksi. Sebab, hanya lima pasangan calon yang mendaftar. Dari sisi syarat dukungan dan syarat calon, semuanya juga sudah terpenuhi. Hanya pasangan Sjahrir Sjafruddin Daeng Jarung-Anwar Usman yang sempat bermasalah syarat dukungannya lantaran rekomendasi dua DPP Golkar berbeda nama untuk posisi wakil bupati. Kubu Aburizal Bakrie mengusung nama Sjahrir-Hairil Muin, sementara kubu Agung Laksono mengusung Sjahrir-Anwar.
Sehari setelah pendaftaran ditutup, barulah kedua kubu satu nama, namun KPU Gowa menolak pendaftaran mereka dengan alasan masa pendaftaran telah lewat. Djaman-Ta, tagline untuk Sjahrir-Anwar, menggugat KPU Gowa ke Panwaslu Gowa hingga digelar sidang sengketa pemilihan. Gugatan Djaman-Ta dikabulkan sehingga mereka juga dibolehkan mengikuti tahapan lanjutan pilkada Gowa.
Dajaman-Ta melengkapi persyaratan belakangan setelah adanya putusan dari hakim ad hoc Panwaslu Gowa. Mereka menjalani tes kesehatan secara terpisah. Namun rekomendasi IDI terhadap hasil pemeriksaan kesehatan keduanya, tertulis memenuhi syarat. Artinya, dari sisi kesehatan, keduanya tidak ada hambatan untuk maju dalam pilkada Gowa. Demikian juga Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), semuanya sudah memasukkan alat bukti.
‎Berikut nama-nama pasangan calon yang menjadi peserta Pilkada Gowa, yakni:
‎*Andi Maddusila-Wahyu Permana (Wattunami)
-Demokrat-PKS-Hanura-PKB (10 kursi‎)
*Tenri Olle YL-Khairil Muin (Pastikan-Mi)
-Nasdem-PPP-PBB (9 kursi‎)
*Sjahrir Syafruddin Dg Jarung-Anwar Usman‎ (Djaman-Ta)
-Golkar (9 kursi‎)
*Adnan Purichta-Abdul Rauf Kr Kio (A’kio)
-independen-PAN-PDIP-Gerindra (17 kursi‎)
*Djamaluddin Maknun-Masjkur‎ (Sabar-Ki)
-independen. (zuk/wik)
loading...
Click to comment
To Top