Kuasa Hukum OC Kaligis Protes, Ini Tanggapan KPK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Kuasa Hukum OC Kaligis Protes, Ini Tanggapan KPK

JAKARTA – Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akhirnya memutuskan untuk menolak praperadilan atas penetapannya sebagai tersangka dan penahanannya oleh KPK dalam kasus dugaan suap hakim PTUN Medan, Senin (24/8). Dengan demikian, upaya Otto Cornelis Kaligis mencari keadilan kandas.

Putusan ini mengundang protes dari tim kuasa hukum Kaligis. Namun demikian, Pelaksana Tugas Kepala Biro Hukum KPK Nur Chusniah tetap yakin bahwa lembaga pemberangus korupsi ini sudah sesuai bukti-bukti. KPK tak mempermasalahkan protes itu.

Dia membantah KPK meminta majelis menunda persidangan praperadilan, hanya untuk melimpahkan berkas perkara Kaligis ke pengadilan. “Jadi, pada dasarnya tidak ada alasan menunda sidang hanya untuk melimpahkan, tidak juga,” kata Nur usai sidang di PN Jaksel, Senin (24/8).

“Pada intinya, kami sesuai bukti yang dimiliki dan sesuai alat bukti yang cukup,” timpal anak buah Taufiequrahman Ruki itu.

Humphrey Djemat, kuasa hukum Kaligis mengatakan, pelimpahan pokok perkara kliennya ke pengadilan menunjukkan etika tak baik dari KPK. Dia pun menyesalkan hakim mempertimbangkan masalah pelimpahan itu.

“Sementara pokok perkara yang disampaikan dalam peradilan itu tidak diebutkan sama sekali,” sesalnya usai sidang.

Johnson Panjaitan salah satu kuasa hukum Kaligis, mengatakan, pihak akan terus berupaya dengan menempuh jalan hukum yang lain. “Kami akan perjuangkan langkah hukum yang lain,” kata Jhonson, Senin (24/8). (boy/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top