Polisi dan Jaksa jadi Komisioner KPK? Ini Komentar Pengamat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Polisi dan Jaksa jadi Komisioner KPK? Ini Komentar Pengamat

JAKARTA—Kepolisian dan Kejaksaan selalu beralasan unsur Polisi dan Jaksa harus masuk pimpinan KPK sebagai bagian dari criminal justice system.

Ini pemikiran yang terbalik dan salah kaprah. Kalau Polisi dan Jaksa dimasukkan ke KPK, artinya tujuan pembentukan KPK karena polisi dan jaksa tidak dipercaya menjadi tidak benar.

Demikian disampaikan Pengamat Politik UI Muhammad Budyatna, kepada wartawan, Senin (24/8).

“Logikanya kaya kita buat kolam penampungan air baru untuk air bersih, kemudian kolam tersebut diisi dengan air yang tidak bersih dari kolam satu lagi yang kotor, pastinya kolam yang bersih akan menjadi kotor. Kalau buat kolam bersih untuk membersihkan kolam yang kotor, maka seharusnya air dari kolam yang bersih digunakan untuk mengisi kolam yang kotor sehingga, minimal kolam yang  kotor jadi lebih bersih.” Tandas Budyatna.

Dia menegaskan, jadi tidak logis memaksukan unsur polisi dalam KPK, yang benar adalah memasukkan unsur luar yang bersih  ke Polri. Makanya saya  usulkan DPR dan  pemerintah untuk segera merevisi UU Polri, agar jabatan Kapolri ataupun jabatan lainnya di institusi Polri bisa diisi oleh orang-orang luar yang bersih dan punya kredibilitas. (fmc)

To Top