Wah, Amerika Serikat Siap Bantu Korsel – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Wah, Amerika Serikat Siap Bantu Korsel

SEOUL – Amerika Serikat kembali menegaskan akan membantu pertahanan Korea Selatan, bila ketegangan militer dengan Korea Utara berbuntut menjadi perang. Hingga saat ini, perundingan tingkat tinggi Utara dan Selatan masih berlanjut, meskipun kedua negara juga sama-sama meningkatkan kewaspadaan militer mereka di perbatasan.

“Kami secara hati-hati memantau situasi. Kami akan terus berkoordinasi erat dengan ROK (Republic of Korea) dan tetap teguh dalam komitmen kami untuk pertahanan sekutu kami,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Gabrielle Price, seperti dilansir dari Yonhap, Senin (24/8).

Saat ini, pejabat keamanan atas dua Korea kembali melanjutkan perundingan setelah di sesi pertama Sabtu (22/8) lalu masih buntu.

Ketegangan antara kedua Korea mulai meningkat setelah dalam sebuah klaim Selatan, pihak Utara telah menanam ranjau darat yang mengakibatkan jatuhnya korban dari pihak tentata Selatan.

Namun Utara membantah sebegai pihak yang bertanggungjawab atas ranjau tersebut. Selatan yang tak menerima, kemudian menyiarkan propaganda anti-Pyongyang lewat banyak loudspeaker ke arah Utara, yang isinya mengajak pendengar untuk anti-Pyongyang dan melawan Pyongyang.

Utara geram dan langsung mengultimatum Selatan untuk menghentikan propaganda. Sebelumnya, ketegangan sudah diwarnai saling jual beli serangan roket. (adk/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top