Akses Layanan Kesehatan Gratis – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Akses Layanan Kesehatan Gratis

FAJARONLINE, BULUKUMBA — Masih banyak alasan yang menjadi penyebab warga desa belum memiliki kartu jaminan kesehatan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Salah satunya adalah warga tidak mampu membayar iuran BPJS.

Bukan hanya itu, pengurusan kartu BPJS juga belum banyak diketahui warga sehingga sebagian besar warga desa hanya mengandalkan Jamkesda dan Jamkesmas.

Salah seorang warga yang belum memiliki kartu BPJS, Ahmad mengatakan dirinya belum mengetahui secara detail pengurusan kartu BPJS. Selain itu dirinya juga masih mengandalkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) jika hendak berobat di Puskesmas dan Poskesdes.

“Kan kalau berobat di Poskesdes KTP ji di bawa, jadi tidak perluji ada BPJS. Bukan hanya itu, kami ini tidak bisa bayar iuran tiap bulannya,” kata warga Desa Bukit Harapan Kecamatan Gantarang itu, Selasa 25 Agustus.

Ketua Komisi D DPRD Bulukumba, Fahidin HDK mengungkapkan, sebanyak 30.700 jiwa warga yang belum mendapatkan BPJS. Menurutnya, pemerintah kedepan harus memberikan bantuan BPJS pada warga miskin. “Namun, sebelumnya pemerintah harus menyiapkan anggaran miliaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut,” kata dia.

Dinas Kesehatan Bulukumba melalui Kasi Program, Riswan mengungkapkan, bukan hanya warga desa yang belum banyak menggunakan BPJS, namun warga di daerah perkotaan juga masih banyak yang belum menggunakan BPJS.

“Kami sudah pernah melakukan sosialisasi ke tingkat desa, namun hal itu akan dilanjutkan lagi supaya warga berminat menggunakan BPJS,” kata dia. (taq/wik)

loading...
Click to comment
To Top