Ini Tujuh Ikrar Pilkada Damai Majene – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Ini Tujuh Ikrar Pilkada Damai Majene

FAJARONLINE, MAJENE — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Majene Sulbar menggelar deklarasi pilkada damai dan bermartabat seusai menetapkan nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati di gedung Boyang Assamalewuang, Selasa 25 Agustus. Ketua KPU Majene, Asmanuddin, membacakan ikrar pilkada yang diucapkan bersama kandidat masing-masing nomor urut satu (1) pasangan Fahmi-Lukman, nomor urut dua (2) Arifin-Andi Irfan, dan nomor urut tiga (3) untuk Risal-Mulyadi.

Ada tujuh poin ikrar yang dibacakan Ketua KPUD Majene, Asmanuddin diikuti masing-masing kandidat. Isinya, pertama, mewujudkan pemilihan bupati dan wakil bupati Majene 2015 langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, damai, demokratis, dan bermartabat. Kedua, saling menghormati, menghargai hak dan kewajiban masing-masing peserta pemilihan bupati dan wakil bupati 2015. Ketiga, tidak akan menggunakan cara kekerasan, menghina atau menyerang kehormatan pasangan calon lain, dan menaati semua peraturan perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku.

Keempat, melaksanakan kampanye damai dan bermartabat, dilakukan dengan cara santun, tertib, dan bersifat edukatif, mencengah tindakan anarkisme, serta mengendalikan massa pendukung untuk mentaati peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kelima, tunduk dan patuh terhadap peraturan yang berkaitan dengan pelaksanaan kampaye, serta bersedia menerima sanksi hukum apalabila terbukti pelanggaran aturan kampanye.

Keenam, menjamin kebebasan pemilih dalam menentukan hak pilihnya, dan ketujuh, menghargai dan menghormati kemandirian pers yang bertanggungjawab untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Ikrar itu ditandangani oleh masing-masing kandidat, komisioner, Ketua KPUD Majene, Asmanuddin, anggota Sulfan Sulo, Muh Arsalin Aras, Surakhmat, dan Sukmawati. Sedangkan Panwaslu hadir ketuanya, Usman bersama anggotanya Asri Sulaiman, dan Sfofian Ali. (ham)

Click to comment
To Top