Rizal Ramli Beri Nuansa Baru di Kabinet Kerja – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Rizal Ramli Beri Nuansa Baru di Kabinet Kerja

JAKARTA – Langkah politik Presiden Joko Widodo me-reshuffle Kabinet Kerja menunjukkan niatnya untuk mengakomodir suara publik dan partai politik pendukungnya, sambil tetap menyisipkan pemikirannya sendiri. Di saat yang sama, reshuffleini juga bisa dinilai bahwa Jokowi keliru dalam menyusun kabinet di awal.

“Namun, kekeliruan itu adalah hal umum yang dilakukan oleh Presiden baru. Yang utama, bagaimana dia bisa memperbaiki kekeliruannya,” kata peneliti utama The Jokowi Institute, Amir Hamzah, Senin (24/8).

Dan terbukti, ternyata pilihan Jokowi me-reshufle kabinetnya berbuah nuansa baru yang belum pernah terjadi, yakni salah satu Menteri Koordinatornya Rizal Ramli membawa angin segar. Angin segar karena suasana istana yang biasanya sepoi-sepoi dari para menterinya sehingga cenderung “membuat Presiden nyaman” berubah menjadi rasa takut bagi menteri lainnya, dan bahkan sampai “mengganggu” kenyamanan Wakil Presiden.

Menurut Amir, Jokowi sendiri tak pernah terganggu dengan angin baru tersebut. Hal ini terlihat jelas, bahkan Jokowi menambah kewenangan kepada Rizal Ramli. Sementara penilaian bahwa Jokowi “tersandera” mantan Kepala Staf Presiden (KSP), Luhur Panjaitan, juga dengan sendirinya menjadi pupus, walau posisi Luhut naik menjadi Menteri Koordinator.

“Namun tetap ada Menko Rizal yang bisa juga menjadi kompeteter opini terhadap Luhut sehingga Jokowi tidak perlu lama tersandera,” tambah peneliti di bawah naungan organisasi Jokowi Watch tersebut. (ysa/RMOL)

loading...
Click to comment
To Top