Waspada, Makassar Terancam Krisis Air Bersih – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Waspada, Makassar Terancam Krisis Air Bersih

FAJARONLINE, MAKASSAR — Ini peringatan bagi masyarakat Makassar. Pengambilan air tanah yang tidak terkendali, kota ini berpotensi terkena krisis air bersih. Demikian diungkapkan Sekretaris Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulsel, Syamsul Bahri, di kantornya, Selasa 25 Agustus.

Dengan kondisi demikian lanjutnya, perlu ada aturan pengambilan air tanah. Secara umum, tiap satu sumur bor hanya boleh mengambil air satu liter/detik. Faktanya, saat ini pengambilan air jauh melebihi angka tersebut. “Perlu dibatasi pengambilan air tanah. Kalau hotel, tidak boleh mengambil di lapisan tengah, tapi harus di lapisan paling bawah. Ini dimaksudkan air tanah bisa berkelanjutan,” ujarnya, sesaat lalu.

Pada 2002 lalu, dia mengaku melakukan penelitian yang hasilnya 15 tahun kemudian Sulsel akan krisis air tanah setelah terjadi penurunan tiga meter/10 tahun. Sekarang penurunannya lebih besar dari itu. Sedangkan, kecepatan air dari Camba Kabupaten Maros yang merupakan sumber air tanah ke Kota Makassar‎ hanya 12 meter/tahun. “Kita di Makassar dampaknya sudah ada yang terintrusi air asin. Misalnya di sekitar Panakkukang, sepanjang jalan Jenderal Sudirman, Biringkanaya di sekitar KIMA, dan sekitar Karebosi, airnya sudah asin. Ini tanda ada pengambilan air yang berlebihan,” katanya. (int)

loading...
Click to comment
To Top