KPU “Lempar” Pencalonan ke Panwaslu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

KPU “Lempar” Pencalonan ke Panwaslu

FAJARONLINE, MAKASSAR — KPU Selayar tak ingin mengambil risiko pada proses penetapan pencalonan pasangan Aji Sumarno-Abdul Gani. KPU malah melempar keputusan ke Panwaslu Selayar.

Hasil pleno KPU Selayar yang dilakukan di Takalar, Senin 24 Agustus, menetapkan pasangan Aji Sumarno-Abdul Gani Tidak Memenuhi Syarat. KPU menyerahkan status Aji-Gani untuk ikut Pilkada Selayar pada sidang Panwaslu yang sementara digelar hingga 28 Agustus mendatang.

Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi mempertanyakan pleno KPU Selayar di Takalar yang terkesan “melempar” tanggung jawab pencalonan ke Panwaslu. Dia menilai seharusnya KPU bersikap tegas bila sudah menyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) atau meloloskan pasangan kandidat dengan bukti administrasi yang cukup agar bisa menggugat ke panwaslu.

Kalaupun nantinya sidang di Panwaslu memutuskan tetap menolak permohonan penggugat berdasarkan bukti dan berkas yang diajukan, pihak yang merasa tidak puas bisa mengajukan keberatan ke PTTUN.

“Kita heran kenapa KPU tidak memutuskan tegas menerima atau menolak. Sebab mekanisme di KPU dan Panwaslu masing-masing jalan. Tidak harus bergantung ke panwaslu,” tuturnya. (taq-zuk-mp4/rif/ars)

Untuk selengkapnya, baca Harian Fajar dan Epaper edisi 26 Agustus 2015

loading...
Click to comment
To Top