Bawang Merah Buat Dosen Kopertis Raih Doktor di UNM – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Bawang Merah Buat Dosen Kopertis Raih Doktor di UNM

FAJARONLINE, MAKASSAR – Keberhasilan mempertahankan desertasi dalam sidang promosi doktor, Rabu 26 Agustus, dosen Kopertis Wilayah IX, Dewan perwaklian Universitas Alkhairaat Palu, Kasman Jaya Saad berhasil meraih gelar doktor dalam bidang pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup (PKLH). Kasman berhasil menjawab seluruh pertanyaan delapan penguji.

Dalam desertasinya Kasman melakukan penelitian terhadap perilaku para petani bawang merah dalam pengendalian hama berbasis ekosistem di Kabupaten Sigi, Sulteng. Penelitiannya dilakukan mulai September 2014 hingga Februari 2015 lalu.

Kasman mengatakan tujuan penelitiannya ingin mengetahui sejauh mana para petani bawang merah mengetahui dampak penggunaan zat kimia terhadap tanamannya. “Petani masih banyak yang kurang memperhatikan dampak dari zat kimia yang digunakan, padahal itu sangat tidak baik untuk menjadi konsumsi kita nantinya,” ujarnya.

Ayah tiga anak itu menyebutkan penelitiannya juga bermanfaat bagi pemerintah terhadap program pengendalian hama terpadu (PHT). “Penelitian ini bisa menjadi informasi penting dalam perencanaan dan implementasi kebijakan pemerintah,” demikian Kasman. (sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top