Distribusi BPJS Miskin Rawan Ditunggangi Politik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Distribusi BPJS Miskin Rawan Ditunggangi Politik

FAJARONLINE, BULUKUMBA – Distribusi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bagi warga miskin rawan disalahgunakan oknum tertentu. Apalagi diketahui, saat ini Kabupaten Bulukumba tengah dihelat pemilihan kepala daerah (pilkada).

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba meminta penyaluran kartu BPJS bagi warga kurang mampu diawasi ketat. Jumlah warga miskin yang berhak mendapatkan kartu BPJS di Butta Panrita Lopi mencapai 21.000 jiwa dari total 51.700 orang yang tersebar di sepuluh kecamatan. Sisannya belum karena terkendala ketersediaan APBD Bulukumba. Kartu BPJS sudah berada di Puskesmas selanjutnya akan diserahkan ke kepala desa masing-masing. Warga yang berhak menerima berdasarkana hasil pendataan sebelumnya. “Iya, datanya ada siapa-siapa yang berhak menerima. Ini kan program nasional, tidak boleh disalahgunakan,” ujar Ketua Komisi D DPRD Bulukumba, Fahidin Hdk, Rabu 26 Agustus.

Bantuan BPJS tidak ada hubungan dengan pilkada. Bantuan itu peruntukkan bagi warga kurang mampu. Hanya, tidak menutup kemungkinan memang bisa disalahgunakan, apalagi memasuki pemilihan kepala daerah, peluang oknum tak bertanggung jawab bermain cukup besar. Karena itu semua pihak wajib memberikan pengawasan agar penyerahannya berjalan sesuai prosuder yang berlaku. “Ini memang harus diawasi seluruh masyarakat,” katanya. (taq)

loading...
Click to comment
To Top