Ikrar Maba Undip 2015/2016 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Ikrar Maba Undip 2015/2016

SEMARANG, RAJA – Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Diponegoro (Undip) dilaksanakan Selasa (25/8) yang dimulai dengan Rapat Senat Terbuka. Upacara PMB ini rutin digelar tiap tahunnya di Stadion Undip Tembalang, Semarang.

Dihadiri oleh pimpinan perguruan tinggi serta jajaran civitas akademika Undip, mereka menyambut ribuan mahasiswa baru atau maba yang baru saja lolos seleksi masuk PTN (SNMPTN, SBMPTN, UM) dari seluruh program studi.

Ketua BEM Undip, Rizki Haerul Imam mengatakan, untuk sesi maba, diantaranya terdiri dari simulasi (Gladi), berlangsung sebelum upacara benar-benar dimulai. “Jadi kalau para maba mendengar ada lagu yang sudah dinyanyikan di pagi-pagi sekali, bukan berarti terlambat. Tetapi harus segera memasuki stadion,” ujarnya.

Menyanyikan Lagu, dalam upacara PMB, lagu yang dinyanyikan cukup 2, yaitu Hymne dan Mars Undip. Lanjut Rizki, untuk itu sebelum upacara, para maba ditugaskan menghafal lagu tersebut. Lirik lagunya pun ada di buku saku yang didapatkan saat verifikasi-registrasi.

Satu hal yang menarik saat menyanyikan lagu ini adalah adanya group paduan suara yang akan memandu menyanyikan lagu. Mungkin  para maba akan dibuat terkesima dengan penampilan dan suara merdu mereka. “Pembacaan Ikrar Mahasiswa atau semacamnya dilakukan oleh perwakilan mahasiswa yang sebelumnya telah ditunjuk dan dilatih jauh-jauh hari. Sebelum membacakan ikrar, mereka akan mulai dengan berjalan tegap dari pinggir ke tengah lapangan sambil 2 orang membawa bendera Merah Putih dan Undip,” imbuhnya.

Penyematan Jas Almamater dilakukan kepada perwakilan mahasiswa. Penyematan ini dilakukan secara simbolis dan dipakaikan langsung oleh rektor Undip kepada mahasiswa.

Penyerahan Bibit Pohon, penyerahan bibit ini dilakukan kepada perwakilan mahasiswa. Penyerahan bibit pohon ini merupakan bagian dari program penghijauan kampus yang mulai digalakkan sejak era kepemimpinan rektor Prof. Sudarto. (BJ)

loading...
Click to comment
To Top