Ini Kronologi Kerusuhan di Balai Rehab Baddoka Versi BNN – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Ini Kronologi Kerusuhan di Balai Rehab Baddoka Versi BNN

FAJARONLINE, MAKASSAR – Balai Rehabilitasi Badan Nasional Narkotika (BNN) Baddoka mengklarifikasi insiden bentrokan antara residen (pengguna narkoba yang direhab) melawan konselor dan medis BNN, Minggu malam 23 Agustus lalu. Kepala BNN Sulsel, Agustinus Tollu menjelaskan insiden itu berawal dari teguran konselor berinisial MY atas pelanggaran yang dilakukan residen RA. Karena merasa tergurannya tidak digubris, MY mengancam RA memasukan ke CIC atau ruang isolasi.

Tapi RA menanggapi serius ancaman itu lalu berteriak-teriak hingga para residen terpengaruh. “Tolong saya mau di CIC,” ujar Agustinus dalam konferensi pers di kantor BNN Baddoka, Makassar, Rabu 26 Agustus. Teriakan RA juga membuat residen lain terprovokasi hingga suasana kacau. Teriakan saling bersahut-sahutan lalu berujung adanya aksi perusakan fasilitas balai.

Di pihak lain, petugas Balai Rehab BNN Badokka berusaha menenangkan suasana. Pada pukul 23.00 Wita, upaya pendekatan persuasif tidak mempan hingga tak bisa lagi dikendalikan. Kaca pintu dan jendela dipecahkan, bantal dibakar.
Balai Rehab kemudian meminta bantuan Dalmas Polsekta Biringkanaya dan tiba pukul 00.00 Wita. Dalam pengamanan itu, Dalmas mengeluarkan tembakan gas air mata untuk menguasai keadaan. Dari kejadian itu Agustinus mengaku sangat menyesalkan soal isu yang mengatakan ada tindakan kekerasan dan perlakuan kejam terhadap residen. “Itu tidak ada, ” katanya. (rilis)

To Top