Inilah Meja Raksasa dari Kayu Berusia 700 Tahun – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Inilah Meja Raksasa dari Kayu Berusia 700 Tahun

FAJARONLINE, JAKARTA-–Berkunjung ke Museum Jakarta Kota Tua (Kotu) tak lengkap jika tak mengabadikan gambar di meja tua dari kayu jati yang diperkirakan berusia 700 tahun.
Meja tersebut menjadi bagain dari koleksi benda sejarah yang dipajang di Museum Jakarta dan menyita perhatian banyak pengunjung. Apa istimewanya meja itu? Selainkuno, daya tarik meja ini salah satunya hasil pengerjaanya.  Meja itu dipoles sangat halus dan antik. Ini merupakan tempat makan para tamu gubernur VOC Hindia Belanda saat berkuasa di Batavia mulai 1610. Meja yang berusia 400 tahun itu hingga ini masih utuh dan kaki-kakinya pun masih kokoh menopan beban yang berat total sekitar 30 kilogram.
“Meja ini dari kayu jati kuno yang diperkirakan berusia 700 tahun. Kalau berdasarkan hasil penelitian tekstur, kayu ini tidak memiliki sambungan. Artinya dibelah utuh. Bisa dibanyangkan meja ini berasal dari kayu raksasa,” beber M Usman, guide Museum Jakarta, di depan rombongan para jurnalis Samsung Media Gathering saat berkunjungan ke museum tersebut, Rabu 26 Agustus.
Dikatakan, Usman diameternya mencapi 2,20 meter dan keliling lingkaran 7,5 meter. “Ada dua meja seperti ini yang mendi koleksi sejarah. Satunya lagi berukuran 1,80 meter. Mejanya juga kayu jati tanpa sambungan alias utuh,” beber M Usman panjang lebar.
Berkunjung ke Kotu Jakarta memang tak lengkap tanpa menelusri isi dalam Museum Kota Jakarta–(dulu bernama Museum Fathillah, red). Museum berlantai tiga ini menjadi saksi sejarah VOC mengusai Indonesia selama 360 tahun. Dari sinilah pusat pemerintah VOC Hindia Belanda dikendalikan.
Bukan saja adminitrasi pemerintahan, militer, pengadilan dan ekonomi dikendalikan. Bahkan di lantai bawah, ada penjara bawah tanah yang menjadi tempat eksekusi para tahanan pemerintah. (aci)
loading...
Click to comment
To Top