KHL Purworejo Diperkirakan Naik 5 Persen – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

KHL Purworejo Diperkirakan Naik 5 Persen

PURWOREJO, RAJA – Kebutuhan hidup layak (KHL) di Kabupaten Purworejo meningkat sepanjang tahun. Untuk tahun 2015, kenaikan diperkirakan lima persen dari 2014 yang ditetapkan Rp1.164.000. Kenaikan KHL ditentukan tingkat inflasi yang berpengaruh pada lonjakan harga kebutuhan pokok.

Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Dinsosnakertrans) Kabupaten Purworejo melakukan survei harga kebutuhan setiap bulan. “Kami cek dua pasar di Purworejo dan Kutoarjo, survey tidak dilakukan ketika bulan ramadan,” ungkap Sujana SH, Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan Tenaga Kerja (Hubinwasnaker) Dinsosnakertrans Purworejo, Senin (24/8).

KHL, lanjutnya, adalah kebutuhan hidup minimal perbulan untuk pekerja lajang dengan kebutuhan gizi 3.000 kalori perhari. Tim melakukan survey 60 komponen kebutuhan pembentuk KHL, Januari hingga Agustus 2015. Survey tidak dilakukan pada bulan Juli karena masuk momentum bulan ramadan.

Besaran KHL selama tujuh bulan tahun 2015 kurang lebih Rp 1.252.000 perbulan. Hasil survey menyebut, besaran KHL mencapai puncak pada Januari senilai Rp 1.274.669. Namun angka  mengalami penurunan hingga April 2015. “Kemudian ada tren kenaikan lagi memasuki Mei, hingga sekarang,” ucapnya.

Menurutnya, tren pergerakan KHL tergantung dengan kondisi perekonomian di masyarakat. Tingginya KHL pada Januari, katanya, karena pengaruh faktor belum masuknya musim panen, sehingga produksi pangan rendah dan berimbas pada naiknya harga. “Paling menentukan KHL pada awal tahun adalah kenaikan harga pangan, khususnya beras,” ujarnya.

Disnakertransos akan melakukan survey KHL pada September 2015. Dinas kemudian akan membuat angka rata-rata dan membuat perkiraan KHL bulan Desember 2015. “Setelah survey September dan menetapkan KHL Desember, baru dewan pengupahan membahas Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2016,” tuturnya. (*)

loading...
Click to comment
To Top