Luar Biasa… Iklan Paslon Kada Dibiayai Negara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Luar Biasa… Iklan Paslon Kada Dibiayai Negara

JAKARTA – Para pasangan calon Kepala Daerah (Paslon Kada) bisa bernapas lega terkait pengeluaran anggaran untuk biaya pemasangan iklan. Betapa tidak, iklan sosialisasi seluruh pelaksanaan pemilihan kepala daerah ditanggung oleh KPU. Bukan hanya itu, termasuk juga iklan profil paslon yang akan bertarung pada pilkada 2015 mendatang.

Hal itu ditegaskan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ferry Kurnia Rizkiyansyah. Menurutnya, kebijakan yang diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) No. 7 Tahun 2015 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota ini hadir, demi memudahkan pasangan calon.

Dengan begitu, mereka tak lagi dipusingkan dengan urusan biaya kampanye yang biasanya sampai melangit.  “Kalau soal iklan seluruhnya dibiayai KPU. Jadi ketika paslon  atau tim kampanye mengadakan iklan di luar yang dibiayai KPU, tidak boleh,” ujar Ferry kepada JPNN, Selasa (25/8).

Menurut Ferry, iklan terkait figur masing-masing pasangan calon akan dipasang di media massa oleh KPUD selama 14 hari. Terhitung pada 22 November hingga 5 Desember mendatang.

“Itu (iklan,red) nanti dibiayai KPU. Di luar (waktu tersebut,red) maupun di dalam (masa kampanye tersebut,red) itu tidak boleh. Jadi paslon tak bisa beriklan di luar dibiayai KPU, iya (dalam bentuk apapun,red) tidak bisa,” ujar Ferry.

Saat ditanya apakah pasangan calon juga dilarang memasang iklan ucapan dukacita, mantan Komisioner KPU Jawa Barat ini membenarkan. “Kalau iklan ucapan dukacita, itu juga sama saja (dilarang,red),” ujar Ferry. (gir/jpnn)

To Top