Rencana Rekrutmen CPNS Salatiga Akhirnya Ditiadakan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Rencana Rekrutmen CPNS Salatiga Akhirnya Ditiadakan

SALATIGA – Rencana rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kota Salatiga, Jawa Tengah, di tahun 2015 akhirnya ditiadakan. Hal ini menyusul keluarnya keputusan dari pemerintah pusat. Sebelumnya, pihak Badan Kepegawaian Daerah (BLD) Kota Salatiga telah mengusulkan sebanyak 713 formasi. Namun, dengan adanya keputusan dari pemerintah pusat itu, akhirnya rekrutmen ditiadakan.

Demikian ditegaskan Kepala BKD Kota Salatiga Adi Isnanto SSos MSi kepada Rakyat Jateng (Fajar Grup), di kantor BKD, Rabu (26/8).
“Sekarang ini langkah BKD melakukan review terhadap beban kerja melalui analisa beban kerja (ABK) yang nantinya harus dikirimkan ke Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara (KemenPAN) sebagai data terbaru. Sebelumnya, BKD mengusulkan sebanyak 713 formasi CPNS,” kata Adi.
Ditambahkan, bahwa hingga Oktober 2016 mendatang, BKD melakukan penyempurnaan data kepegawaian serta melakukan penghitungan kebutuhan riil pegawai di semua SKPD. Hal ini terkait dengan jumlah PNS yang memasuki pensiun setiap tahunnya mencapai ratusan orang. Setelah review selesai dilakukan maka dapat diketahui kebutuhan riil pegawai yang terbaru.
Hasil analisa beban kerja awal tahun 2015, bahwa Kota Salatiga masih ada kekurangan pegawai sebanyak 713 orang. Dengan rincian, tenaga guru sebanyak 163 orang, tenaga kesehatan 76 orang serta tenaga teknis lainya mencapai 474 orang.
Sementara, Kabag Humas Pemkot Salatiga Adi Setiarso SE menambahkan, bahwa selain masih kekurangan PNS golongan III, Pemkot Salatiga juga kekurangan PNS golongan II. Namun, Pemkot Salatiga belum bisa melakukan rekrutmen CPNS golongan II karena terbentur dengan regulasi yang ada.
“Sekarang ini, sudah tidak ada lagi formasi CPNS untuk golongan II dari lulusan SLTA (SMA/SMK). Dari sini, akhirnya Pemkot Salatiga mengalami kesulitan melakukan rekrutmen. Kenyataannya, jumlah PNS golongan II harus ditambah,” tandas Adi. (hes)

Click to comment
To Top