Tahapan Pilkada Salatiga Mulai Februari 2016 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Tahapan Pilkada Salatiga Mulai Februari 2016

SALATIGA – Tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Salatiga, Jawa Tengah, menurut rencana akan dimulai bulan Februari 2016 mendatang. Dalam rangka menyambut Pilkada Salatiga tersebut, KPU Kota Salatiga telah melaksanakan sejumlah persiapan.

Intinya, tahapan yang sedang dilaksanakan terkait dengan sosialisasi. Demikian diungkapkan Ketua KPU Kota Salatiga, Putnawati MSi kepada wartawan, dalam acara ‘media gathering’ di Aula KPU Kota Salatiga, Rabu (25/8).
“Meski boleh dikatakan masih bulan Februari 2016 mendatang tahapan Pilkada Salatiga baru dimulai, namun kami dari KPU Salatiga sudah memulai melakukan persiapan. Persiapan yang kami lakukan terkait tahapan sosialisasi. Bahkan, kami juga sudah mulai menjalin komunikasi dengan stakeholder seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) khususnya dengan data kependudukan,” kata Putnawati.
Sementara, anggota KPU yang lain, Suryanto menambahkan, sesuai dengan amanat UU Nomor 1 tahun 2015 Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota bahwa biaya alat peraga kampanye (APK) mulai dari baliho, spanduk, banner, poster, pamflet maupun selebaran hingga iklan di media massa, biayanya ditanggung oleh APBD dan pengelolaannya dilakukan pihak KPU.
“Nantinya, alat peraga maupun alat kampanye yang sudah ditentukan dalam UU, pembuatannya akan difasilitasi KPU. Pasangan calon ataupun tim kampanye tidak boleh membuat lagi seperti yang dibuat KPU, hanya saja pasangan calon ataupun partai politik pengusung ataupun tim kampanye bisa membuat seperti kaos, mug, payung, dan lainnya,” tandas Suryanto, mantan Ketua KPU Kota Salatiga.
Dalam media gathering yang digelar bersama wartawan tersebut, kelima komisioner KPU Salatiga hadir, yaitu Putnawati (Ketua), Sujit Mujirno, Suryanto, Dayusman Junus serta Syaemuri. (hes)

Click to comment
To Top