Pengusaha Mengerem Produksi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Pengusaha Mengerem Produksi

FAJARONLINE, MAKASSAR — Kalangan pengusaha menerapkan berbagai pengetatan agar tetap bertahan di tengah kondisi ekonomi yang tidak stabil. Pengurangan volume produksi, seperti yang dilakukan PT Eastern Pearl Flour Mills (EPFM), salah satunya.

General Affair and Industrial Manager PT EPFM, Muammar Muhayang mengatakan, pengurangan volume produksi dengan harapan harga jual terigu ke masyarakat tidak naik. “Harga tetap bertahan, karena kita khawatir pembeli berkurang kalau naik,” tutur Muammar, Rabu 26 Agustus.

Satu-satunya produsen tepung terigu di Sulsel itu harus mengerem produksi agar pemakaian gandum sebagai bahan baku terigu tidak melampaui stok. Pasalnya, EPFM telah melakukan kontrak impor gandum selama setahun. Nilai kontraknya dengan kurs sekitar Rp12 ribu per dolar Amerika Serikat.

Muammar mengungkapkan, dengan kapasitas mesin giling 2.800 ton per hari, EPFM cuma memproduksi sekitar 90 persen dari kapasitas tersebut. Biasanya, produksi dapat mencapai sekitar 94 persen dari kapasitas.

PT Eastern Pearl Flour Mills mengkhawatirkan nilai tukar rupiah yang terus tidak stabil hingga kontrak pembelian bahan baku gandum berakhir. Memang, sejauh ini, belum terkena dampak pelemahan nilai tukar rupiah.

“Kontrak pembelian gandum sudah kita lakukan sejak awal tahun. Jadi, sepanjang tahun ini, kita membeli gandum dengan kurs sesuai kontrak, yakni sekitar Rp12 ribu per dolar AS,” kata Muammar Muhayang. (sbi/ars-rif)

Untuk selengkapnya, baca Harian Fajar dan Epaper edisi 27 Agustus 2015

loading...
Click to comment
To Top