Bos PDIP Punya Solusi Calon Tunggal, Caranya Begini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Bos PDIP Punya Solusi Calon Tunggal, Caranya Begini

JAKARTA- Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ‎menilai peraturan pelaksanaan Pilkada serentak terlalu rumit.‎ Khususnya tentang persoalan pilkada dengan pasangan calon tunggal.

Menurutnya, persoalan calon tunggal seakan tidak ada jalan keluarnya. Padahal, aturannya bisa saja dipermudah dengan menggunakan metode bumbung kosong.

“Kalau tunggal, ya buat saja peraturannya seperti memilih kepala desa. Ini yang mestinya gampang jadi rumit.”‎ ujarnya di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (27/8).

Megawati lebih memilih metode bumbung kosong daripada pilkada di sejumlah daerah harus tertunda hingga 2017. Sebab, jika pemerintah harus menunjuk pelaksana tugas (Plt) bupati/wali kota yang pilkadanya tertunda maka daerah pula yang dirugikan. Pasalnya, Plt kepala daerah tidak bisa mengambil kebijakan-kebijakan strategis dan urgent. ‎

Presiden RI kelima itu lantas berandai-andai jika ternyata daerah yang pilkadanya diundur ke 2017 ternyata muncul calon tunggal lagi. Jika mengacu sekarang, tentu pilkadanya harus diundur lagi.  “Kalau ikut pikiran ruwet, begitu jadinya,” sebut dia.

Menurut Megawati, pilkada hanya sekedar teknis. Padahal, substansinya adalah melaksanakan demokrasi.

Karenanya  dia berharap agar metode bumbung kosong dijadikan solusi sehingga rakyat bisa menentukan calon pemimpinnya. “Mengapa mengorbankan kepentingan rakyat hanya karena gengsi tidak bisa buat solusi?” sindirnya.

Kata dia, masih ada waktu agar pilkada dengan calon tunggal tetap bisa digelar bersamaan secara serentak pada 9 Desember nanti. Yakni dengan menyempurnakan peraturan terkait pilkada.

“Yang namanya penyelenggara pemilu mari berfikir baik dengan  jernih untuk bisa menelenggarakan pilkada serentak ini,” tutur putri Proklamator RI Soekarno itu.

Meskipun begitu Megawati menegaskan bahwa partainya  akan selalu mengikuti peraturan yang berlaku. “PDIP tidak pernah menolak aturan yang dibuat. Kami taat aturan,” tandasnya.(dna/JPG)

loading...
Click to comment
To Top