Syahrul Minta Karteker Jaga Keamanan Pilkada di Daerah Tugas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Syahrul Minta Karteker Jaga Keamanan Pilkada di Daerah Tugas

FAJARONLINE, MAKASSAR — Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo atas nama Presiden RI, melantik empat karteker bupati, di Ruang Pola Kantor Gubernur, Kamis 27 Agustus. Mereka yang dilantik, Asisten I Pemprov Sulsel Andi Herry Iskandar sebagai karteker Bupati Maros, Asisten II Pemprov Sulsel Sidik Salam sebagai karteker‎ Bupati Gowa, Asisten IV Pemprov Sulsel Ruslan Abu sebagai karteker Bupati Pangkep, dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Muh Yamin sebagai karteker Bupati Barru.

Syahrul dalam arahannya mengatakan, pelantikan karteker tersebut untuk mengisi kekosongan jabatan pasca berakhirnya masa jabatan kepala daerah. Pelantikan tersebut juga merupakan amanah yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 2015.

“Masa jabatan karteker bupati relatif singkat, tapi ini adalah amanah yang harus diemban,” kata Syahrul.

Ia menjelaskan, tugas utama karteker adalah menyelenggarakan pemerintah daerah, memfasilitasi penyelenggaraan pilkada sampai akhir tahapan pilkada hingga pelantikan, serta ‎menjaga dan memelihara netralitas PNS dalam pilkada sehingga PNS bisa memberikan pelayanan tanpa diskriminatif.‎ Pengangkatan karteker bupati telah melalui proses dan pertimbangan tertentu, selain administrasi, tapi kemampuan dan kapabilitas serta leadership.

“Koordinasi dengan muspida, posisikan diri di antara semua kandidat agar bertarung secara sehat dan penuh toleransi,” pesan Syahrul.

Gubernur berharap, karteker bupati memberi support pada KPU dan Panwaslu agar bisa bekerja profesional dan mandiri agar penyelenggaraan pilkada bisa berjalan sukses. Dalam menjalankan tugas pemerintahan, karteker bupati juga diminta berkoordinasi dengan forum koordinasi pimpinan daerah, pimpinan parpol, dan seluruh pemangku kepentingan, serta komponen masyarakat.

“Jagakanka’ daerahmu, terutama pada sebelas kabupaten yang akan pilkada. Daerah tetap damai-damai saja, tentram, pemerintahan harus bisa memberi rahmat bagi rakyat,” pesannya.

Syahrul juga mengingatkan agar karteker menjaga terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat, khususnya pangan, hingga kebutuhan akan pendidikan dan kesehatan. “Kebutuhan dasar masyarakat jangan sampai terpengaruh oleh pilkada,” tegasnya. (iad)

loading...
Click to comment
To Top