Tingkatkan Pariwisata Melalui Lomba Dayung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Tingkatkan Pariwisata Melalui Lomba Dayung

UNGARAN, RAJA – Peringatan hari kemerdekaan RI ke-70 yang berlangsung di Sungai Tuntang, Dusun Semurup, Desa Asinan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, digelar lomba yang berkaitan dengan air, seperti lomba balap dayung, sprint dayung dengan menggunakan ban dalam mobil.

Menurut ketua panitia perlombaan Nuriawan, mengatakan,bahwa kegiatan ini dalam rangka untuk memperingati hari kemerdekaan RI ke-70, yang juga merupakan agenda tahunan.

“Mengingat bahwa sebagian besar warga Dusun Semurup bermata pencaharian dan menggantungkan hidup dari Rawa Pening,” kata Nuriawan.

Agenda tahunan ini diselenggarakan sejak tahun 1980 oleh warga Asinan. Selain itu seluruh perlombaan ini sebenarnya dibuka untuk umum, tidak hanya untuk masyarakat desa Asinan saja. Hanya saja masyarakat tidak mengetahui adanya kegiatan meriah ini. “Kalau mau mengikuti cuma bayar Rp 2000 per lombaan. Kami berharap pemerintah melalui Dinas Pariwisata dapat mengembangkan perlombaan yang telah ada sejak tahun 80-an ini menjadi ajang tahunan. Selain itu juga dapat meningkatkan pendapatan daerah,” terang ketua panitia.

Menurut Nur Jatmiko, yang juga salah satu calon bupati, bahwa kegiatan tahunan ini semestinya didukung penuh oleh pemerintah. Selain itu juga harus disosialisasikan ke luar daerah. “Sebenarnya event seperti ini harus di pubikasikan ke luar daerah, kalau perlu ke luar negeri agar menjadi daya tarik pariwisata di Kabupaten Semarang,” ungkap Nur Jatmiko.

Nantinya jika menjadi daya tarik pariwisata pasti ada pendapatan untuk daerah dari event kegiatan ini. Selain itu juga menjadi pendapatan masyarakat sekitar Rawa Pening. “Kalau ada event seperti ini pasti masyarakat sekitar juga ikut menikmati hasilnya, seperti adanya warung makan, jual kerajinan dan sovenir yang menggerakan perekonomian pedesaan,” kata Nur Jarmiko. (wis)

loading...
Click to comment
To Top