USAID Sumbang 1,1 Juta Buku – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

USAID Sumbang 1,1 Juta Buku

SOLO, RAJA – Guna terus mengembangkan pendidikan di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah, USAID menyumbangkan 1,1 juta buku. Penyerahan buku tersebut dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah Nur Hadi Amiyanto dalam hal ini mewakili Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, di Hotel Alana, Selasa (25/8) siang.

Nantinya, buku tersebut akan diberikan kepada 1.800 sekolah yang ada di 15 Kabupaten. Tiap sekolah akan menerima 600 buku. Buku ini merupakan buku berjenjang yang dibuat dengan cerita seri.

Tak hanya itu, sekolah juga akan mendapatkan pendampingan dari seorang fasilitator. “Fasilitator dilatih bagaimana mengukur kemampuan siswa, salah satunya dengan cara analisis lima jari. Lalu mereka juga dilatih memberikan pendampingan  dan menggunakan buku. Di antaranya, dengan membaca berimbang. Baik membaca bersama, membaca terbimbing, maupun membaca mandiri. Mereka juga akan diberikan cara bagaimana menilai kemampuan membaca dengan baik,” jelas Nurkolis MM selaku kordinator USAID Jateng.

Sementara itu, Nur Hadi menerangkan, untuk memajukan pendidikan dibutuhkan peran serta dari berbagai pihak. Tidak bisa hanya sekolah dan pemerintah saja yang bertugas untuk mengembangkan pendidikan kearah yang lebih baik. Namun harus ada peran serta masyarakat dan orang tua agar pendidikan bisa berkembang.

Tentunya yang paling utama untuk perkembangan pendidikan seorang murid adalah guru. Dimana guru harus bisa berinovasi dan mengembangkan kemampuannya agar murid yang diampu bisa nyaman dalam belajar dan memahami mater yang diberikan. (MJ)

loading...
Click to comment
To Top