Warga Protes, Instansi Pemerintah Buang Sampah ke Saluran Air – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Warga Protes, Instansi Pemerintah Buang Sampah ke Saluran Air

SEMARANG – Sejumlah warga memprotes sikap beberapa oknum pegawai yang membuang sampah hasil tebangan kayu ke saluran air. Akibatnya, saluran air menjadi tersumbat.

Beberapa staf di Pusat Pengembangan PAUD-NI di Ungaran Kabupaten Semarang menebang pohon jenis matoa yang kemudian dibuang ke saluran air yang berhubungan langsung dengan pemukiman warga. Akibatnya tidak sedikit warga yang protes lantaran saluran air menjadi tersumbat dan mencemari lingkungan.
Menurut salah satu warga Genuk, Kelurahan Ungaran, Kabupaten Semarang, Sarwoto (50), pada hari Rabu (26/8) dirinya melihat saluran air yang berada di lingkungan warga dipenuhi banyak sampah berupa potongan batang dan ranting pohon matoa yang berasal dari instansi Pusat Pengembangan PAUD-NI.
“Harusnya kalau membuang sampah itu jangan di saluran air, itu kan bisa menyebabkan banjir, harusnya pimpinan bertindak cepat agar tidak terjadi banjir dan menegur dan memberi sanksi tegas kepada bawahannya yang telah mencemari saluran air,” tegas Sarwoto.
Sementara itu Kasubag Umum Pusat Pengembangan PAUD-NI di Ungaran, Sri Lilis Purwati, mengakui bahwa ada beberpa oknum staf pegawainya yang telah membuang sampah ke saluran air. Menurutnya, sampah batang pohon dan ranting yang berada di saluran air tersebut sudah dibersihkan.
“Benar ada staf kami yang menebang pohon matoa dan dibuang di saluran air yang berhubungan langsung ke warga, oleh karena itu kami mohon maaf dan sekarang saluran air tersebut sudah kami bersihkan,” ucap Sri.
Kepala Badan Lingkungan Hidup Kab. Semarang, Nurhadi menyayangkan sebuah instansi pemerintahan yang dengan sengaja telah membuang sampah di saluran air tersebut.
“Harusnya sebagai instansi pemerintah harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di sungai atau di saluran air, karna itukan sudah ada larangannya,” terang Nurhadi.
Guna memberikan pemahaman tentang hal pembuangan sampah, pihaknya akan memberikan sosialisasi kepada instansi terkait serta akan nelakukan pengecekan lokasi dimana sampah pohon tersebut dibuang di saluran air tersebut, tutup Nurhadi. (wis)

loading...
Click to comment
To Top