Australia Akui Batu Black Opal asal Banten Paling Bagus – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hiburan

Australia Akui Batu Black Opal asal Banten Paling Bagus

TANGERANG – Siapa sangka batu akik asal Indonesia memiliki kualitas paling bagus dan diakui Negara tetangga, Australia. Hal itu dikemukakan Gubernur Banten Rano Karno saat berkunjung ke Australia dan berkesempatan untuk membeli batu akik.

Rano mengakui, meski awalnya tak suka akik, namun pria yang sejak kecil sudah membintangi berbagai film itu akhirnya jatuh hati pada akik. Dia pun membagi ceritanya tentang akik itu saat  menghadiri acara Batu Nusantara Show&Contest yang diselenggarakan Rakyat Merdeka Grup di BSD, Tangerang Selatan, Kamis (27/8). Ia pertama kali mengenal akik justru dari mendiang ayahnya, Soekarno M Noor.

“Almarhum ayah saya malah meninggalkan warisan batu,” ujarnya.

Di Negeri Kanguru itu ia membeli batu black oval atau yang dikenal dengan sebutan kalimaya.  “Lucunya, penjual malah memberi tahu kalau batu mulia black oval Indonesia paling bagus,” tuturnya.

Mendengar hal itu, Rano pun langsung bertanya ke penjualnya. “Indonesianya di mana? Banten, kata penjual. Wah, saya kaget tapi bangga,” paparnya.

Menurut pria yang beken dengan sebutan Si Doel itu, penjual batu mulia di Australia itu menyebut black oval dengan sebutan The Queen of Gemstone. Nah, dari situ dia pun terpacu untuk membina komunitas batu mulia di Provinsi Banten.

“Kami bina mulai dari memberikan modal, pelatihan pembuatan batu mulia, hingga pembinaan mengelola,” paparnya seraya berharap  komunitas batu mulia itu nantinya bisa bertambah.(rka/JPG/jpnn)

Click to comment
To Top