Deklarasi Kampanye Damai, Ini Komitmen Paslon Bupati Gowa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Deklarasi Kampanye Damai, Ini Komitmen Paslon Bupati Gowa

FAJARONLINE, SUNGGUMINASA – Lima pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Gowa telah menyatakan komitmennya mewujudkan pilkada damai. Komitemen itu disampaikan melalui deklarasi kampanye damai pilkada serentak 9 Desember 2015 mendatang di lapangan Syekh Yusuf, Sungguminasa, Jumat 28 Agustus. Bahkan Ketua KPU Gowa, Zainal Ruma meminta kelima paslon menandatangani prasasti deklarasi damai di hadapan masyarakat, karteker bupati, panwaslu, dan jajaran kepolisian. “Ini sekaligus menjadikan masyarakat sebagai saksi kelima paslon senantiasa menjaga dan mewujudkan pilkada damai, aman, dan demokratis,” ujar Zainal Ruma dalam sambutannya.

Paslon Bupati Nomor urut 1, Andi Maddusila Andi Idjo mengatakan, sudah melakukan sejumlah upaya mencegah terjadinya konflik. Satu di antaranya dengan membatasi jumlah pendukung pada setiap acara KPU agar tidak terjadi konsentrasi massa yang bisa memicu terjadinya gesekan antarpendukung paslon. Maddusila juga mengaku telah mengimbau seluruh pendukung dan tim relawan tidak mudah terprovokasi dengan isu dan selalu menahan diri.”Kami berkomitmen mewujudkan pilkada damai,” janjinya.

Juru bicara pasangan Tenri Olle Yasin Limpo-Hairil Muin (PastikanMi), Djaya Djumain mengatakan, siap mewujudkan pilkada yang aman dan damai. Salah satu upaya yang dilakukan, dengan mengedepankan etika politik dalam kampanye nanti. Juga telah jauh hari mengimbau seluruh relawan dan pendukung mengutamakan kesantunan dalam berpolitik. ”Kami sudah identifikasi seluruh relawan hingga ke tingkat dusun. Semua aktivitas tim pasti terkoordinir tim kabupaten,” katanya.

Ketua tim pemenangan pasangan calon Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo-Abdul Rauf Karaeng Kio (A’Kio), Rahmansyah juga mengaku siap untuk menciptakan pilkada Gowa yang damai. Tim telah mengimbau seluruh relawan untuk melakukan kegiatan kampanye yang lebih bermanfaat. “tentunya kita akan memperbanyak dan memaksimalkan kampanye yang sifatnya dialogis, sehingga pesan-pesan kampanye lebih efektif,” katanya. (jai)

Click to comment
To Top