KPU Ingatkan Paslon tak Manipulasi Dana Kampanye, Bisa Didiskualifikasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

KPU Ingatkan Paslon tak Manipulasi Dana Kampanye, Bisa Didiskualifikasi

FAJARONLINE, MAKASSAR — KomisiPemilihan Umum (KPU) Sulsel mengingatkan pasangan calon (paslon) kontestan pilkada serentak 9 Desember 2015 mendatang. Sekarang muncul penilaian KPU, laporan anggaran kampanye paslon tidak masuk akal.

Ketua KPU Sulsel, Iqbal Latif mengatakan, pelaporan dana kampanye tahap awal paslon nantinya diaudit kantor akungtan publik yang ditunjuk KPU. Bila dalam audit ada pasangan calon terbukti melakukan manipulasi dana kampanye, maka merujuk pada PKPU dan aturan, bisa saja paslo bersangkutan diskualifikasi. “Nanti kantor angkuntan publik yang akan menelusuri pelaporan dana kampnaye dan jika didapatkan melakukan manipulasi bisa didiskualifikasi,” ujar Iqbal Latif, Jumat 28 Agustus.

Iqbal mengaku audit dana kampanye paslon dilakukan bertahap. Hasil audit juga nantinya dipublikasi termasuk mempublikasi paslon yang melakukan manipulasi. Meski demikian, sistem pengauditan dana kampanye kali ini berbeda dengan kampanye pileg lalu. Pelaporan dana kampanye paslon harus sesuai kegiatan yang dilakukan sehingga jika dalam pelaporannya tidak rasional, maka jelas sanksi diterapkan pada paslon bersangkutan. (jai)

loading...
Click to comment
To Top