Nico-Victor Usung Kemandirian Tator – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Nico-Victor Usung Kemandirian Tator

FAJARONLINE, MAKASSAR – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Tana Toraja (Tator) nomor urut 2, Nico Biringkanae-Victor Datuan Batara menyatakan keprihatinannya dengan kondisi perekonomian masyarakat Toraja, terutama belum adanya kemandirian ekonomi masyarakat. Padahal dengan kemandirian ekonomi itu akan melahirkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu pasangan bertagline Sang Maneta’-Indah pada Waktu-NYA itu mengusung visi unggul dan sejahtera.

Victor Datuan Batara di Warung Kopi Dg Sija Makassar, siang tadi, Jumat 28 Agustus mengatakan untuk unggul buat kemandirian dengan cara menghentikan impor produk dari daerah tetangga, seperti Enrekang, Sidrap, Pinrang, dan Luwu Raya. “Misalnya untuk kebutuhan sayur mayur atau hortikultura harus didatangkan dari Enrekang, ikan dari Luwu Raya, beras dari Pinrang dan Sidrap, serta kerbau sekarang didatangkan dari Sumatera dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Ini sangat memprihatinkan. Padahal, potensi semua produk yang impor dari daerah lain itu juga sangat besar di Tana Toraja,” ujar mantan Kapolres Tana Toraja itu.

Victor didampingi tim medianya Rana Dase dan Firman Pento Masiku menjelaskan, guna mengatasi masalah tersebut akan dibuat program sentra-sentra andalan. Dimana, setiap kecamatan akan ada produk unggulan yang dikembangkan. “Misalnya, ada satu kecamatan produksi tomat, cabai dan lainnya. Di Tana Toraja itu ada 19 kecamatan, makanya ada juga 19 program unggulan. Salah satu daerah yang potensi adalah Tana Toraja bagian barat. Di situ dikenal dengan segi tiga emas, yaitu Kecamatan Mappa, Kecamatan Rano, dan Kecamatan Masanda. Wilayah ini memiliki tiga akses ekonomi, Pinrang, Parepare, dan Sulbar. Potensinya sangat bagus,” jelas mantan Wakil Ketua DPRD Tana Toraja dari Partai Demokrat tersebut. (rilis)

To Top