Protes Edaran Kemristek-Dikti, Ini Reaksi Dokter Muda Makassar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Protes Edaran Kemristek-Dikti, Ini Reaksi Dokter Muda Makassar

FAJARONLINE, MAKASSAR — Sekelompok dokter yang tergabung dalam Persatuan Dokter Muda Indonesia (PDMI) menolak surat edaran Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tonggi (Kemristek Dikti) tentang pengambilalihan ujian kompetensi dokter PB IDI ke panitia nasional uji kompetensi mahasiswa kedokteran Kemristek Dikti. Dengan membentangkan spanduk bertuliskan “Persatuan Dokter Muda Indonesia (PDMI), Ijazah Hak Kam,” mereka berunjuk rasa di flyover dilanjutkan ke DPRD Sulsel.

Mereka juga bergantian menyampaikan orasi mendesak DPR merevisi UU No.20 tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran, khususnya pasal 36. Mereka juga mendorong Kemenristek Dikti mencabut surat edaran tertanggal 8 Juli 2014 perihal panitia ujian nasional uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter dan penerbitan sertifikat profesi/ijazah profesi dokter.

Mereka menuntut ujian kompetensi dikembalikan pada organisasi profesi dalam hal ini Ikatan Dokter Indonesia (IDI). “Kami tidak ingin pendidikan profesi dokter sebagai lahan komersialisasi,” ujar mereka dalam orasinya. (jai)

loading...
Click to comment
To Top