SBY Angkat Bicara Terkait Anjloknya Perekonomian – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

SBY Angkat Bicara Terkait Anjloknya Perekonomian

‎FAJARONLINE, CIPANAS – Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudoyono mengatakan, secara  jujur dan objektif  harus diakui ekonomi makro maupun mikro Indonesia saat ini sedang mengalami penurunan. Setidaknya ada empat faktor yang menyebabkan hal tersebut.

“Pertama konsumsi rumah tangga, pembelian masyarakat atas barang dan jasa menurun karena daya beli masyarakat juga menurun,” imbuh SBY dalam pidato sambutan rapat pleno pengurus pusat Partai Demokrat di Hotel Grand Yasmin, Cipanas, Jawa Barat, Jumat (28/8).

Yang kedua karena investasi dalam negeri yang menurun dan dibanyak sektor bahkan berhenti. Ketiga nilai ekspor komoditi dalam negeri juga menurun.

Ia katakan meski ada sejumlah komoditas volume ekspornya masih tetap, tapi nilainya menurun karena sejumlah komoditas harganya jatuh. “Misalnya minyak bumi,  batu bara, kelapa sawit dan karet. Karena kita produsen utama atas komoditas-komoditas itu,  maka perolehan negara dari ekspor kita menurun,” lanjutnya.

Yang keempat, pembelanjaan pemerintah (Goverment Spending) karena dan realisasi APBN saat ini menurutnya tidak optimal.

“Itulah paling tidak empat faktor yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi kita menurun, yaitu dibawah 5 persen baik kuartal pertama maupun kuartal kedua tahun 2015,” demikian SBY.(dem)

loading...
Click to comment
To Top