Bisa Merokok di Mall, Ahok Ancam akan Cabut SLF Lippo Mall Pluit – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Bisa Merokok di Mall, Ahok Ancam akan Cabut SLF Lippo Mall Pluit

FAJARONLINE, JAKARTA – Sertifikat layak fungsi (SLF) Lippo Mall Pluit, Jakarta Utara terancam dicabut. Pasalnya, mall ini masih mengizinkan ‎pengunjung merokok di dalam gedung. Elysabeth Ongkojoyo melalui change.org menyampaikan petisinya terhadap mall tersebut.

Berjudul ‘Saya dan Bayi Saya Terusir oleh Oknum yang Mau Merokok di Dalam Mall’, ibu dua anak itu melayangkan petisinya kepada pihak Lippo Mall Pluit, JCO Indonesia dan Gubernur DKI.

“Kami bisa cabut SLF-nya,” ujar Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (28/8).

Pria yang akrab disapa Ahok itu mengakui bila aturan dilarang merokok di dalam gedung memang harus dipatuhi. Ia pun‎ berjanji akan menangkap oknum yang mengusir Elysabeth. “Memang di mal itu enggak boleh merokok. Makanya nanti kami tangkap,” tukasnya.

Sebelumnya, Elysabeth diusir oleh manajemen J.Co Lippo Mall Pluit karena salah seorang pengunjungnya hendak merokok di tempat dimana ia tengah duduk bersama anaknya. Wanita itu mengaku memang diusir secara halus oleh orang yang hendak merokok tersebut. Saat menolak, caci dan maki pun langsung keluar dari orang tersebut. Dalam petisinya, Elysabeth mengungkapkan rasa tidak puas dan tidak adil terhadap manajemen J.Co karena memberi kesempatan kepada pengunjung untuk merokok di dalam ruangan. Padahal ia telah membeli minuman dan tengah duduk bersama dengan bayinya.

Aturan dilarang merokok sendiri tercantum dalam ‎Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara, Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 75 Tahun 2005, serta Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2010 tentang Kawasan Dilarang Merokok, Pergub Nomor 50 Tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembinaan, Pengawasan, Penegakkan Hukum Kawasan Dilarang Merokok.(dem)

To Top