Moratorium TKI Bukan Solusi Masalah Ekonomi Bangsa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Moratorium TKI Bukan Solusi Masalah Ekonomi Bangsa

JAKARTA – Kondisi perekonomian nasional yang tidak kunjung membaik yang ditengarai nilai tukar rupiah yang labil dan daya beli masyarakat yang terus tergerus, ditambah tingginya harga kebutuhan makanan pokok tiba-tiba membuat beberapa kebijakan pemerintah yang seolah-olah dinilai baik malah justru buruk.

Anggota Komisi IX DPR, dokter Adang Sudrajat mencontohkan pada kasus moratorium pengiriman tenaga kerja ke luar negeri.  “Moratorium TKI untuk saat ini sangat tidak menyelesaikan masalah ekonomi bangsa,” katanya seperti dalam rilis, Sabtu (29/8).

Secara natural, dokter Adang menjelaskan, pertambahan pengangguran semakin berlipat-lipat akibat PHK di mana-mana. Hal ini lantaran  kemampuan industri atau dunia usaha dalam negeri tidak mampu mempertahankan stabilitas produksinya sehingga mempengaruhi penyusutan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan.

“Saya berharap pemerintah berpikir ulang untuk menghentikan kebijakan Moratorium TKI pada saat ini d imana perlambatan ekonomi telah memberi dampak besar termasuk PHK massal,” pinta dokter Adang yang juga ketua Bidang Generasi Muda dan Profesi DPW Partai Keadilan Sejahtera Jawa Barat.

Justru dengan memberi kesempatan mengirim TKI kembali, ia yakin beban negara sedikit berkurang. Namun dengan catatan, tidak ada lagi perlakuan buruk terhadap TKI oleh oknum tak bertanggung jawab. (wid/RMOL)

loading...
Click to comment
To Top