Rusun Jatinegara Banyak Dijadikan Tempat Usaha – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Rusun Jatinegara Banyak Dijadikan Tempat Usaha

FAJARONLINE, JAKARTA – Ratusan warga Kampung Pulo yang terkena gusuran tempat tinggalnya kini sudah menempati rumah susun Jatinegara Barat, Jakarta Timur.

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL, sejumlah unit rusun 16 lantai yang mereka tempati itu justru dijadikan lahan usaha. Banyak dari warga memanfaatkannya untuk berdagang makanan dan minuman ringan seperti gorengan, kudapan hingga mie rebus.

Salah seorang, Dariyatun Warsiah. Wanita yang tinggal sejak tahun 1972 di Kampung Pulo ini harus rela dipindahkan ke rusun Jatinegara Barat. Keseharian Warsiah membuka warung kecul untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Aktivitasnya itu tetap berlanjut meski dipindahkan ke rusun Jatinegara Barat.

“Mau gimana lagi. Harus dagang juga ngabisin barang. Buat sehari-hari dan biaya kontrak kan harus dagang,” tuturnya saat ditemui di rusun Jatinegara, Jaktim, Sabtu (29/8) siang.

Tak hanya di lantai 11 tempat Warsiah tinggal, hampir di seluruh lantai di Blok B rusun Jatinegara Barat ditemukan aktivitas serupa. Warsiah sendiri mengakui belum ada izin resmi dari pihak pengelola. Namun, sebagai pedagang ia berharap ada solusi dari Pemprov DKI.

“Kami kalau mau cari uang bagaimana? Kami hanya mengandalkan pendapatan dari dagang,” pinta Warsiyah.[wid/RMOL]

loading...
Click to comment
To Top