Sudah 1.181 Perusahaan di Jateng Ikut BPJS – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Sudah 1.181 Perusahaan di Jateng Ikut BPJS

SEMARANG, RAJA – Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menargetkan hingga akhir tahun ini 2 juta tenaga kerja telah menjadi peserta pada program jaminan pensiuna. Hingga kini, sudah ada 1,5 juta tenaga kerja nasional sudah terdaftar pada program tersebut.

”Sejak diluncurkan pada 1 Juli 2015, ternyata respon dari masyarakat sangat baik. Banyak perusahaan yang mendaftarkan tenaga kerjanya ke program jaminan pensiun, sekaligus melengkapi program kepesertaan sebelumnya,” ungkap Direktur Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan, Amri Yusuf pada acara BPJS Ketenagakerjaan Fair dan Sosialisasi Jaminan Pensiun di Crowne Plaza Hotel Semarang kemarin.

Dia menjelaskan, program jaminan pensiun ini melengkapi program sebelumnya, seperti program jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, dan jaminan kematian. Khususnya bagi tenaga kerja swasta di luar PNS dan TNI/Polri, program ini sangat bermanfaat.

Pihaknya menargetkan hingga akhir tahun 2015 ini, tenaga kerja yang mengikuti program jaminan pensiun bisa mencapai 2 juta orang. Untuk itu BPJS Ketenagakerjaan terus gencar melakukan sosialisasi manfaat program tersebut ke 11 kota di indonesia, dengan sasaran perusahaan yang baru daftar sebagian.

”Kami membidik perusahan yang selama ini hanya mengikuti sebagian dari program jaminan sosial yang ada di BPJS Ketenagakerjaan. Sebab, BPJS ini merupakan mandatory dari undang-undang sehingga wajib sifatnya,” katanya.

Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jateng dan DIY, Ahmad Hafiz menambahkan, jumlah tenaga kerja yang telah mengikuti program jaminan pensiun di wilayahnya mencapai 200.275 orang dari 1.181 perusahaan, dengan premi yang terkumpul mencapai Rp 11miliar. Hingga akhir tahun 2015, pihaknya menargetkan pencapaian premi dari jaminan pensiun sebesar Rp15 miliar.

”Jumlah tenaga kerja itu baru 15% dari tenaga kerja aktif dan 5% dari perusahaan yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Tahun depan kami akan tingkatkan sosialisasi dengan mendatangi perusahaan perusahaan yang sudah terdaftar,” tandasnya. (ibr)

loading...
Click to comment
To Top