Wali Kota Makassar Lepas 37 Siswa JILC ke China – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Wali Kota Makassar Lepas 37 Siswa JILC ke China

FAJARONLINE, MAKASSAR –Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto melepas 37 siswa JILC yang akan melanjutkan sekolah kedokteran di Chongqing & Lioning Medical University Tiongkok – China, mereka berasal dari berbagai SMU yang ada di Sulawesi Selatan, dan kota lainnya. Mayoritas berasal dari Makassar, dan selebihnya dari Pangkep, Palu, Bone, Bantaeng, dan Kalimantan.

 Ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa, yaitu nilai ijazah, dan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni. “Semuanya harus punya kemampuan bahasa Inggris yang bagus karena kuliahnya di sana kelas internasional menggunakan bahasa Inggris,” papar Direktur Utama JILC, Miswar usai pelepasan siswa JILC di Baruga Anging Mamiri, Sabtu (29/08).

Program kuliah ke luar negeri ini merupakan program khusus yang digagas oleh JILC untuk memberikan kesempatan kepada siswa-siswa di Indonesia, khususnya Sulsel untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri. Ilmu Kedokteran dipilih karena minat siswa yang sangat tinggi terhadap disiplin ilmu itu. “Kami memfasilitasi dengan memperkenalkan profil universitas kepada siswa dan membandingkan dengan kampus yang ada di Indonesia agar wawasannya terbuka. Tahun depan kita buka kesempatan untuk semua jurusan termasuk Teknik Penerbangan, Teknik Sipil, dan Teknik Arsitektur,” lanjut Miswar.

Kecanggihan ilmu Kedokteran China  menjadi magnet tersendiri bagi pelajar yang bercita-cita menjadi dokter. Wali Kota Makassar, Danny Pomanto mengakui kehebatan Cina di bidang Ilmu Kedokteran, “Ilmu Kedokteran paling maju di dunia, cangkok hati bahkan cangkok jaringan telah berhasil dilakukan dokter-dokter di Cina,” puji Danny. Pelepasan 37 siswa JILC dinilai Danny sebagai upaya yang sangat luar biasa, dan menjadi kebanggaan bagi anak-anak Makassar, “Ini adalah terobosan baru dan Insya Allah akan memberikan kontribusi positif bagi Makassar, dan kita berharap akan ada terobosan baru lainnya dalam berbagai bidang keilmuan. Saya berterima kasih sekali pada JILC,” terangnya.

Danny juga berpesan kepada siswa JILC untuk menjaga nama baik Makassar selama berada di Tiongkok dengan menjaga karakter sombere sebagai warisan leluhur. Peraih berbagai penghargaan arsitektural itu juga mengajak siswa JILC yang akan berangkat tanggal 20 September nanti untuk menjadi duta Makassar yang dapat memperkenalkan Makassar ke warga Tiongkok. (Iful)

loading...
Click to comment
To Top