Benarkah Kebahagiaan Dapat Menular? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Benarkah Kebahagiaan Dapat Menular?

FAJARONLINE – Kebahagiaan bisa menular, sama seperti saat kita ikut tertawa ketika orang lain tertawa. Hal ini membuat para peneliti menyarankan bagi orang-orang yang stres dan depresi untuk berteman di lingkungan yang bahagia.

Para peneliti di University of Warwick dan University of Manchester di Inggris melihat data dari 2.000 remaja di Amerika Serikat ,berdasarkan data dari National Longitudinal Study of Adolescent Health.

Menggunakan metode mirip dengan jenis yang digunakan ilmuwan untuk melacak penyebaran penyakit, mereka bisa melihat bagaimana suasana hati tersebar antara remaja dan jaringan sosial mereka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memiliki lebih banyak teman dengan suasana hati yang sehat mengurangi kesempatan remaja itu mengembangkan depresi dan meningkatkan kemungkinan para remaja pulih dari depresi.

“Apa yang kami temukan adalah bahwa jika Anda memiliki teman yang selalu gembira, berpikiran positif dan tidak tertekan maka hal ini bisa menyebabkan kemungkinan Anda pulih dari depresi,” kata rekan penulis studi, Thomas House, seperti dilansir laman Health, Rabu (26/8).

Para peneliti juga menemukan bahwa memiliki teman-teman yang menderita depresi tidak berpengaruh pada kesehatan mental dari teman-teman di sekitar mereka.

“Tidak ada efek negatif dari hal itu, Anda justru bisa membantu mereka pulih,” pungkas House.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa lebih dari 350 juta orang dari segala usia menderita depresi di seluruh dunia.(fny/jpnn)

To Top