Indeks Politica dan Insert Unggulkan Hatita’ – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Politik

Indeks Politica dan Insert Unggulkan Hatita’

FAJARONLINE, MAROS — Pilkada Maros baru saja memasuki tahapan-tahapan awal, namun prediksi sudah mulai bermunculan, baik dari lembaga survey maupun dari pengamat dan politikus. Diantaranya hasil jajak pendapat dari Insert Institute dan Indeks Politica Indonesia (IPI).

Berdasarkan survey IPI per Agustus, pasangan Hatta-Harmil (Hatita’) masih unggul sebanyak 72,3 persen. Husain-Sudirman (Hadir) berada diangka 10,4 persen dan Imran-Said (Iman) hanya 4,8 persen. “Sisanya tidak menjawab, tidak tahu dan merahasiakan pilihan sebanyak 12,5 persen,” beber Direktur IPI Suwadi Idris Amir, Minggu 30 Agustus.

Survey itu dilakukan kepada 440 orang responden dengan metodologi multi stage random sampling. Suwadi menyebut, keunggulan Hatita’ salah satunya diuntungkan dengan posisinya sebagai petahana. “Responden menganggap Hatta berhasil memimpin Maros, disamping itu isu korupsi kurang dipercaya masyarakat,” urainya.

Ketua Golkar AL Maros, Muh Ramli Rahim juga menyebut Pilkada Maros sudah game over dengan kemenangan Hatita’. Direktur RPC itu berkaca pada survey yang dirilis Insert Institute, saat ini dominasi Hatta sulit dikejar dengan 75 persen suara. Pesaingnya hanya berada diangka 9 persen dan 5 persen. “Sisanya 11-12 persen adalah swing voter,” kata Ramli. (ris)

loading...
Click to comment
To Top