9 Calhaj Kuota Cadangan Temanggung Gagal Berangkat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

9 Calhaj Kuota Cadangan Temanggung Gagal Berangkat

TEMANGGUNG – Sembilan dari 29 kuota candangan calon jemaah asal Kabupaten Temanggung akhirnya gagal berangkat ke tanah suci. Hingga hari pemberangkatan yang berlangsung kemarin, mereka belum mendapatkan jatah pemberangkatan.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, MA Widagdo, saat pemberangkatan haji di Pendopo Pengayoman kemarin mengatakan tahun ini Kabupaten Temanggung memang mendapat kuota candangan sebanyak 29 calon jemaah haji.
’’Untuk penyelenggaraan haji tahun ini, Kementerian Agama memang mengeluarkan kebijakan baru berupa pemberian kuota cadangan bagi kabupaten/ kota, dan Temanggung mendapatkan 29 jamaah itu, dari 29 yang bisa melunasi BPIH hanya 23 calhaj, sisanya tidak melunasi,” terangnya.
Ia menambahkan dari 23 orang yang bisa melunasi, hanya 14 orang yang akhirnya bisa berangkat menunaikan rukun kelima, 9 lainya tidak bisa berangkat karena tidak mendapat jatah kursi pemberangkatan.
Dikatakannya, kuota cadangan tersebut, sejak awal memang tidak menjanjikan para jamaah yang telah didaftar pasti diberangkatkan haji. Bahkan, para jamaah yang masuk cadangan itu juga diminta menandatangani surat pernyataan, tidak akan menuntut apabila setelah melunasi BPIH ternyata tidak jadi diberangkatkan.
’’Para jamaah haji cadangan tersebut telah menyatakan siap jika diberangkatkan pada tahun ini. Namun sebaliknya, mereka juga menyatakan tidak akan menuntut apapun jika ternyata tidak jadi diberangkatkan, karena keterbatasan kuota,’’ujarnya.
Sementara itu pada tahun ini Kabupaten Temanggung memberangkatkan 718 calhaj. Mereka direncanakan berangkat dan dilepas di Pendapa Pengayoman pada Senin (31/8) kemarin dan Selasa (1/9). Para jamaah tersebut masuk dalam tiga kelompok terbang (kloter).
Kloter 31 bersama dengan jamaah haji asal Kabupaten Magelang, dan kloter 31 (mandiri), yang akan berangkat pada Senin (31/8). Serta, kloter 33 bersama dengan jamaah haji asal Kabupaten Wonosobo, yang akan berangkat Selasa (1/9).
“Calon jamaah haji asal Kabupaten Temanggung 2015 sebenarnya 723 orang, namun yang berangkat hanya 718 , 5 gagal berangkat dengan berbagai alasan dua orang yang meninggal dunia, satu cahaj sakit berat dan seorang lagi tengah hamil,” imbuhnya. (din)

loading...
Click to comment
To Top