AMF, Momentum Pemberantasan Kemiskinan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

AMF, Momentum Pemberantasan Kemiskinan

MAKASSAR – Jelang event AMF di Makassar, 8-12 September mendatang, Internasional NGO Forum for Indonesia Development (Infid) mengingatkan pemerintah kota Makassar agar memperhatikan kepentingan warga miskin dan marginal, dalam menegosiasikan kesepakatan-kesepakatan dengan negara peserta AMF.

Koordinator Infid, Muljadi Prajitno menjelaskan, jangan sampai AMF itu justru berdampak buruk bagi warga. Karenanya, pemerintah harus transparan dan mensosialisasikan agenda dan isu-isu strategis yang hendak diangkat di forum AMF. “Warga selama ini tidak tahu soal AMF kecuali secuil yang disampaikan media, berupa rentetan daftar investasi,” jelasnya.

Infid berharap pelaksanaan AMF di Makassar bisa membahas serangkaian agenda penghapusan kemiskinan dan ketimpangan pembangunan. Infid Sulsel juga mendesak dibicarakannya komitmen pembangunan berkelanjutan sebagai agenda post MDGs atau agenda SdGs.

“Sebagian besar negara ASEAN memiliki persoalan yang sama yaitu kemiskinan, demokrasi dan HAM, dan ketimpangan pembangunan. AMF di Makassar ini adalah momentum yg baik digunakan dalam menegosiasikan kepentingan bangsa dan persemakmuran masyarakat ASEAN,” bebernya.‎

Infid Sulsel berharap AMF bukan sekedar seremoni tanpa manfaat, karena itu pihaknya meminya pemkot membuka ruang-ruang dialog dengan warga, untuk mendengar aspirasi mereka. “Selain itu akademisi dan pemikir-pemikir lokal harus dilibatkan, agar ide dan gagasan mereka tumpah di AMF tersebut,” tutupnya. (ris)

To Top