Antisipasi Ijasah Aspal, Ribuan Ijazah PNS Salatiga Diverifikasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Antisipasi Ijasah Aspal, Ribuan Ijazah PNS Salatiga Diverifikasi

SALATIGA – Ribuan ijazah milik para pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Salatiga, Jawa Tengah, mulai diverifikasi oleh Badan Kepegawaian Daerah ( BKD) Kota Salatiga. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi ijiazah asli tapi palsu (aspal). Jika benar-benar ditemukan ijazah aspal maka pemegangnya akan dikenakan sanksi tegas.

Kepala BKD Kota Salatiga Adhi Isnanto SSos MSi mengatakan, langkahnya ini menindaklanjuti surat edaran Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN&RB) Nomer 03 Tahun 2015 tentang Penanganan Ijazah Palsu. Ijazah yang diverifikasi itu akan dijadikan dasar untuk syarat status kepegawaiannya hingga syarat kenaikan pangkat.
“Jika nantinya ditemukan ijasah yang meragukan atau mencurigakan, kami akan melakukan penelitian secara khusus yang dilakukan oleh tim khusus pula. Bahkan, kami telah menggandeng pihak Inspektorat. Hingga kini verifikasi tersebut masih berlangsung dan pada akhir Agustus harus selesai dan segera dilaporkan ke KemenPAN&RB. Sekali lagi, jika ditemukan ijazah aspal ataupun palsu maka pemegangnya akan dikenai sanksi tegas,” jelas Adhi Isnanto kepada Rakyat Jateng, Senin (31/8).
Menurutnya, jika ditemukan ijazah palsu yang digunakan untuk mendaftar (syarat) sebagai PNS, maka yang bersangkutan akan gugur sebagai PNS. Begitu juga, jika ijazah palsu itu dipakai untuk syarat kenaikan pangkat, maka kenaikan pangkat tersebut akan didiskualifikasi. Pihak BKD, akan melakukan verifikasi ijasah sebanyak 4.446 ijazah milik PNS Pemkot Salatiga. (hes)

To Top