APBN Biayai Perampungan Pelabuhan Bangsalae Siwa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

APBN Biayai Perampungan Pelabuhan Bangsalae Siwa

FAJARONLINE, SENGKANG — Pelabuhan Bangsalae Siwa, Kecamatan Pitumpanua mendapat anggaran pengembangan. Tak tanggung-tanggung anggaran pengembangan pelabuhan tersebut mencapai Rp20 miliar bersumber dari APBN. Pengembangan pelabuhan yang berada diperbatasan Wajo-Luwu tersebut meliputi peninggian jembatan, pembagunan kantor, penambahan dermaga, penambahan fasilitas pelabuhan dan perluasan area parkir.

Sekretaris Dinas Perhubungan dan Informatika Wajo, Eka Putra mengatakan pengembangan pelabuhan Bangsalae akan menjadikan salah satu pelabuhan tersibuk. Bila sudah dikembangkan nanti, rute penyerangan antarpulau akan dibuka. “Saat ini penyerangan di Bangsalae baru ke Sulawesi Tenggara. Tapi setelah rampung nanti kita buka ke rute antar pulau lainnya seperti Kalimantan, Maluku, dan Papua. Bahkan bila sudah rampung, akan mengalahkan pelabuhan Bajoe, Bone,” ujarnya.

Eka menambahkan, untuk perampungan pelabuhan ditargetkan akhir tahun 2016 dan sudah bisa digunakan. “Hasil bumi Wajo yang akan dibawa ke daerah lain seperti beras, cengkeh, kelapa sawit, dan coklat tak perlu lagi lewat Parepare lagi. Bahkan hasil bumi dari daerah tetangga seperti Luwu bisa mengirim lewat Bangsalae,” tegasnya. (wan)

loading...
Click to comment
To Top