Awas!!! Banyak Menonton TV Bisa Membunuh Anda – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Interest

Awas!!! Banyak Menonton TV Bisa Membunuh Anda

TERNYATA menghabiskan waktu berjam-jam didepan televisi (TV) bisa menyebabkan resiko kematian. Hal ini sebagaimana hasil sebuah penilitian yang dilakukan oleh Universitas Osaka di Jepang.

Menurut riset tersebut, bahwa orang yang duduk didepan TV selama kurang lebih 4-5 jam bisa mengakibatkan resiko kebekuan pembuluh darah dan embolisme paru-paru.

Resiko ini sangat rentan terhadap usia 40 hingga 59 tahun. Diketahui embolisme paru-paru merupakan tersumbatnya pembuluh darah, dimana pembuluh tersebut berfungsi unutk mengalirkan darah dari jantung ke paru-paru.

Para peniliti yang melakukan studi terhadap 86.000 orang selama 18 tahun itu, mengatakan bahwa orang yang menonton TV harus sesekali berdiri dan meminum air untuk menghindari kebekuan, sebagaimana dilansir dailymail.

Sementara itu, Dr Shirakawa, yang mengepalai riset, melalui Departement Kedokteran Sosial mengatakan bahwa, ini baru pertama kalinya diketahui hubungan antara durasi nonton yang terlalu lama dan embolisme paru-paru.

Untuk mencegah embolisme paru-paru para peniliti merokemendasikan untuk beridiri atau berhenti sesaat, dan sedikit berjalan selama menonton tv. Selain itu, meminum air juga penting untuk mencegah dehidrasi.

Berikut ini gejala umum dari orang yg terkena embolisme paru-paru :

  • Terasa perih di dada seperti ditusuk benda tajam apalagi ketika anada menghirup napas ke dalam.
  • Sesak nafas.  Kadang terjadi secara tiba-tiba atau secara berkala
  • Batu. Biasanya batuk kering, yang bisa saja mengandung darah atau lender yang tercampir darah
  • Terasa lemah, pusing atau pingsan

Jika anda memiliki kombinasi gejala-gejala tersebut segeralah konsultasi ke dokter. (imn)

loading...
Click to comment
To Top