Bawaslu Warning Panwaslu Barru tak Diperalat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Bawaslu Warning Panwaslu Barru tak Diperalat

FAJARONLINE, MAKASSAR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel mewarning ke jajarannya, terutama Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Barru tidak mudah masuk jebakan kandidat tertentu untuk kepentingan tertentu. Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi mengatakan, Panwaslu harus bekerja tanpa pesanan kandidat tertentu, seperti soal polemik hubungan kekerabatan karteker Bupati Barru Andi Muh Yamin dengan kandidat, seperti yang gencar dilakukan kubu Malkan Amin-Salahuddin Rum. “Panwaslu itu biar tidak didesak pasti akan bekerja. Tapi harus ada laporan dan bukti. Jadi Panwaslu jangan bekerja berdasarkan desakan tim kandidat. Jangan sampai nanti ada anggapan Panwaslu bekerja karena orderan,” tegas Arumahi di Makassar, Senin 31 Agustus.

Jika desakan itu dari tim kandidat pasangan tertentu, harusnya dikembalikan ke pasangan bersangkutan mengingat Andi Salahuddin Rum juga kerabat dekat AM Yamin. “Wakil Pak Malkan (Salahuddin Rum) itu keluarga dengan AM Yamin. Beliau sendiri yang umumkan. Jadi tidak ada masalah selagi pelaksana tugas tersebut bekerja sesuai regulasi. Begitu pula Panwas harus bekerja sesuai regulasi,“ imbau Arumahi.

Sebelumnya, Ketua Panwaslu Barru, Abdul Mannan mengingatkan Yamin bersikap netral. Hanya saja, pernyataannya itu diduga dimanfaatkan tim kandidat tertentu. Sebab di saat bersamaan, kubu pasangan itu justru mengarahkan menolak keberadaan Yamin. Padahal Yamin yang dikenal sebagai salah satu pamong senior, sejak dulu sudah diwacanakan menjadi karteker. Namun baru dipermasalahkan oleh kubu Malkan-Salahuddin saat sudah ada penetapan dari Kemendagri. Ironisnya, alasan kubu Malkan-Salahuddin yang mempertanyakan netralitas Yamin, karena merupakan paman dari istri incumbent Andi Idris Syukur, Andi Citta Mariogi, justru terpatahkan sendiri. Sebab, Yamin juga adalah sepupu dari orang tua Salahuddin, Andi Rum. (rilis)

loading...
Click to comment
To Top