Berkas Tersangka DAK Selayar Dilimpah ke Kejati – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Berkas Tersangka DAK Selayar Dilimpah ke Kejati

FAJARONLINE, MAKASSAR — Penyidik Polda Sulselbar melimpahkan berkas kasus dugaan korupsi dana alokasi khusus (DAK) Selayar yang mendudukkan dua tersangka ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulselbar, Senin 31 Agustus.

Koordinator Bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejati, Noer Adi membenarkan tentang pelimpahan berkas tersebut. Dia menyebutkan dalam kasus itu ada dua tersangka masing-masing pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) dan konsultan perencaan. “Tersangka ada dua. H Haeruddin selaku PPTK dan Syukri Saharuddin selaku Konsultan Perencanaan sekaligus penyusun RAB proyek. Berkasnya saat ini masih dipelajari dan diteliti, ” ujar Noer di Kejati Sulselbar, siang tadi, Senin 31 Agustus.

Noer Adi menuturkan, kasus dugaan korupsi proyek DAK 2012 lalu sebesar Rp16 miliar lebih. Meski demikian kerugian yang timbul senilai Rp1,1 miliar. Dalam kasus ini, diduga terjadi penggelembungan anggaran proyek pendidikan berupa rehabilitasi beberapa sekolah. Anggaran Rp16 miliar lebih itu untuk proyek pengadaan DAK pada bidang pendidikan yang diperuntukan perbaikan 52 sekolah dasar (SD) dan 11 sekolah menangah pertama (SMP) di Selayar.

Dalam pengusutannya, penyidik telah memeriksa sejumlah saksi, di antaranya tim teknis dan kepala sekolah, tidak terkecuali Bupati Selayar, Syahrir Wahab. Syahrir diperiksa di Polda Sulselbar pada 13 April lalu. Dalam kasus itu Syahrir Wahab diduga ikut terlibat dan mengetahui preoses proyek tersebut. (ida)

loading...
Click to comment
To Top