Gagal Panen, Petani Ini Beralih Jual Sabu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Gagal Panen, Petani Ini Beralih Jual Sabu

FAJARONLINE, PINRANG – Musim kemarau panjang membuat ratusan hektare sawah di Kabupaten Pinrang dipastikan gagal panen. Petani pun kian menjerit di tengah himpitan tuntutan ekonomi yang besar. Banyak petani memilih beralih profesi. Seperti yang dialami Alang alias Lamalang bin Beddu Hamid. Namun profesi yang digelutinya saat ini tak patut ditiru. Warga dusun Ambo Alle Kecamatan Patampanu, Pinrang itu beralih menjadi pengedar narkoba jenis sabu.

Alang bersama rekannya, Sutriadi diciduk polisi Satnarkotika Polres Pintang, minggu malam 30 Agustus di kediamannya. Di tangannya, polisi mengamankan barang bukti berupa sabu seberat 42,35 gram dengan nilai jual sekira Rp54,6 juta beserta telepon seluler. Alang mengatakan barang haram itu diperoleh dari Laode di Kabupaten Sidrap.

Dia beralih profesi semata-mata menutupi kebutuhan hidup. “Banyak sekali yang mau sya beli, utamanya untuk keluarga saya. Sementara profesi saya sebagai petani tidak bisa memenuhi kebutuhan itu. Apalagi saya gagal panen karena musim kemarau. Karena itu saya jadi pengedar sabu,” ujarnya, Senin 31 Agustus.

Alang mengatakan, dirinya baru pertama kali menjual narkoba dan langsunh tertangkap. “Ini yang pertama. Barang ini juga titipan teman,” katanya.

Kapolres Pinrang, AKBP Adri Irniadi mengatakan, selama sebulan ini satuan narkotika mengamankan sekitar 13 tersangka dengan total berat 53,87 gram sabu. Selain itu juga mengamankan sejumlah barang bukti lainnya, seperti, 10 HP serta uang tunai Rp1,8 juta. “Kita sudah melakukan penyelidikan untuk tersangka baru (Alang). Dia menyebutkan sejumlah nama, dan saling beehubungan dengan tersangka lain. Sekrang mereka menjadi target operasi kami,” katanya. (syl)

loading...
Click to comment
To Top