Perusahaan Marmer Pangkep PHK Karyawan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Perusahaan Marmer Pangkep PHK Karyawan

FAJARONLINE, PANGKEP — Kondisi ekonomi yang tidak stabil membuat sebagian perusahaan pertambangan di Kabupaten Pangkep mulai melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan. Sedikitnya ada 160 karyawan di PT Daya Cayo, perusahaan marmer yang beroperasi di Kecamatan Bungoro melakukan PHK demi menekan biaya operasional.

Manajer Personalia PT Daya Cayo, Erwin mengatakan, kondisi ekonomi yang tidak stabil menjadi pemicu pasar marmer cukup terganggu. Nilai tukar dolar terus perkasa terhadap sejumlah mata uang di Asia Tenggara, termasuk rupiah. Hal itu juga kata dia, diperparah dengan menurunnya permintaan marmer ke Tiongkok akibat kondisi ekonomi negeri tirai bambu tersebut juga sedang lesu. “Tiongkok pasar utama kita, namun pasar rusak akibat kondisi ekonomi tidak stabil,” ujar Erwin, Senin 31 Agustus.

Erwin menambahkan, pasar marmer hanya mengandalkan impor, sebab pasar dalam negeri juga tidak terlalu menguntungkan. Dia menjelaskan, menguatnya nilai tukar dolar mengakibatkan importir marmer mengerem permintaan untuk menghindari kerugian. “Kalau permintaan kurang otomatis produksi menurun dan akan berimbas kepada pengurangan karyawan,” kata Erwin. (dir)

loading...
Click to comment
To Top