Tjahjo Kumolo Optimis, Risma Dapat Lawan Politik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Politik

Tjahjo Kumolo Optimis, Risma Dapat Lawan Politik

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo optimistis langkah Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka kembali pendaftaran bakal calon kepala daerah untuk pemilihan Wali Kota Surabaya, 6-8 September mendatang bakal berbuah manis.

Tjahjo yakin, pasangan calon Tri Rismaharini-Wisnu Sakti Buana (Risma-Wisnu) yang diusung PDI Perjuangan akan mendapat lawan di Pilkada Surabaya, Desember mendatang.

“Saya optimis, sampai tanggal 8 September masih bisa memunculkan satu pasang lagi yang memenuhi ketentuan dan aturan. Karena Surabaya cukup besar pemilihnya, di atas satu juta jiwa,” ujar Tjahjo, Senin (31/8).

Saat ditanya bagaimana langkah KPU jika nantinya fenomena calon tunggal tetap terjadi, Tjahjo mengaku pemerintah hingga saat ini masih dalam posisi menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi (MK). Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu ada sejumlah pihak yang mengajukan pengujian undang-undang (PUU) terkait fenomena calon tunggal ke MK.

“Secara prinsip dari 269 daerah memunculkan tiga daerah tidak memenuhi syarat, ya tinggal menunggu keputusan MK, di mana salah satu pasangan ini mengajukan (gugatan) agar hak politiknya tetap tercukupi,” ujar Tjahjo.

Meski mantan Sekretaris Jenderal DPP PDIP ini mengaku pemerintah belum menyiapkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) menyikapi fenomena calon tunggal, namun bukan berarti pemerintah tidak berbuat.

Menurut Tjahjo, sampai saat ini pihaknya terus memantau perkembangan yang terjadi lewat tim monitoring pilkada yang dibentuk di Kemendagri. Dengan demikian pemerintah dapat mengikuti setiap perkembangan yang ada, untuk kemudian merumuskan langkah yang paling tepat untuk diambil.

“Perkembangan yang terjadi itu tidak setiap hari, tetapi setiap jam, jadi kami punya monitoring pilkada, sudah ada,” ujar Tjahjo.(gir/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top